Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Ibu Hamil

Nov 25, 2023 | Blog

Ibu hamil sering memiliki masalah pada kesehatan gigi dan mulutnya. Mulai dari gigi berlubang sampai penyakit periodontal yang ringan hingga berat. Walaupun terasa menyiksa selama kehamilan, namun masih banyak ibu hamil yang takut pergi ke dokter gigi atau bahkan tidak mempedulikan kesehatan gigi dan mulutnya. Padahal efeknya bisa berkepanjangan dan mempengaruhi kesehatan anaknya juga lho. Kali ini Grand8 Dental Care akan mengupas tuntas masalah kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil.

Gigi Berlubang pada Kehamilan

Ibu hamil rentan sekali mengalami gigi berlubang. Ini terjadi karena adanya perubahan kebiasaan saat hamil. Ibu yang sebelumnya tidak terlalu sering mengkonsumsi yang manis-manis, saat terjadi perubahan hormon bisa jadi lebih sering mengidam makanan manis untuk mengurangi rasa mualnya. Belum lagi ada perubahan kebiasaan membersihkan gigi dan mulutnya akibat rasa mual ketika memasukkan sikat gigi dan pastanya ke dalam mulut. Mulut yang sering dalam kondisi asam karena makanan manis ditambah kurangnya pembersihan gigi menambah parah kondisi kesehatan gigi ibu hamil. Jumlah gigi yang berlubang pun bisa jadi tidak sedikit.

Gingivitis Kehamilan

Masalah yang paling sering terjadi adalah gusi yang sakit dan membengkak yang seringnya disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. 60-75% Ibu hamil mengalami Gingivitis. Kondisi yang disebut Gingivitis Kehamilan ini seringnya disebabkan oleh perubahan hormonal yang membuat gusi menjadi lebih rentan terhadap plak sehingga ibu hamil lebih mudah terkena gingivitis atau bahkan periodontitis.

Ciri-ciri ibu hamil terkena Gingivitis Kehamilan adalah:

  • Gusi yang membengkak
  • Gusi yang lunak
  • Gusi yang berdarah
  • Gusi yang memerah
  • Bau nafas tidak sedap

Biasanya Gingivitis Kehamilan ini terjadi diantara bulan ke 2 hingga ke 8 kehamilan, dengan kondisi yang paling parah di trimester ketiga.

Periodontitis Kehamilan

Jika Gingivitis tidak teratasi dengan baik, maka kondisi ini akan meningkat menjadi kondisi yang lebih parah yaitu Periodontitis. Apa yang terjadi pada gigi dan mulut Ibu saat mengalami Periodontitis?

  • Kondisi Gingivitis yang sebelumnya sudah lebih dulu terjadi akan semakin parah.
  • Bakteri yang menyebabkan peradangan pada gusi akan terus masuk ke jaringan penyangga gigi di bawahnya yaitu tulang.
  • Peradangan pada tulang akan menyebabkan hancurnya tulang secara perlahan-lahan.
  • Tulang yang hancur menyebabkan gigi tidak ada lagi yang memegangnya, sehingga gigi pun akan terlepas dengan sendirinya.

Baca Juga : Mengatasi Halitosis : Penyebab, Tanda dan Cara Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap.

Efek yang Mungkin Terjadi Pada Anak di Kemudian Hari

Kondisi kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik pada ibu hamil ini bukannya tidak menimbulkan efek kepada anak yang mungkin terjadi di kemudian hari ya. Berikut adalah efek yang mungkin terjadi pada anak-anak yang sewaktu di kandungan ibunya mengalami masalah kesehatan gigi yang tidak diatasi :

  • Terjadi transfer bakteri dari mulut ibu ke mulut bayi yang menimbulkan paparan bakteri di mulut bayi.
  • Anak-anak dengan ibu yang memiliki karies level berat yang tidak ditangani dengan baik atau hingga terjadi lepasnya gigi akan tiga kali lebih tinggi kemungkinannya memiliki lubang pada gigi mereka.
  • Anak-anak dengan kesehatan gigi yang buruk akan tiga kali lebih sering bolos sekolah akibat sakit gigi.

Nah, ternyata ada ya dampak pada anak atas kelalaian ibu terhadap kesehatan giginya. Untuk mencegah masalah-masalah gigi yang akan dialami anak-anak di kemudian hari, semua dimulai dari Ibu yang peduli akan kesehatan giginya.

Saran Untuk Ibu Hamil Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Selama Kehamilan

Sangat penting bagi ibu untuk lebih memperhatikan kesehatan giginya selama kehamilan, mengingat banyak masalah yang bisa terjadi jika ibu tidak memperhatikannya. Berikut adalah saran yang bisa Grand8 Dental Care berikan kepada ibu hamil dalam merawat kesehatan gigi dan mulutnya:

  1. Lebih sering kontrol ke dokter gigi. Kalau dalam kondisi normal disarankan sekali dalam 6 bulan, dalam kondisi hamil ibu disarankan datang untuk kontrol rutin 2-3 bulan sekali. Jika terdapat masalah pada gigi, maka dokter gigi bisa lebih cepat mendeteksi dan memberi perawatan.
  2. Rutin melakukan perawatan gigi di rumah seperti menyikat gigi dan flossing dengan teratur. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tidak mudah melukai gusi ibu.
  3. Makan makanan sehat akan jauh lebih baik daripada mengudap makanan manis selama kehamilan. Makanan dan minuman manis selain mengganggu kesehatan gigi, juga membuat ibu hamil jadi lebih mudah gemuk karena asupan gula yang tinggi.
  4. Berkumur dengan air garam hangat juga bisa membantu ibu untuk mengurangi bengkak pada gusi.
  5. Ibu disarankan lebih banyak membaca untuk memperkaya wawasan mengenai kesehatan secara keseluruhan dan khususnya pada gigi.

Ibu hamil yang sehat tentu akan menjalani hari-hari kehamilan dengan lebih bahagia bukan?

Untuk pemeriksaan gigi rutin, Ibu bisa mengunjungi Grand8 Dental Care Bekasi yang terletak di Grand Metropolitan Mall Bekasi. Dokter gigi professional kami akan memberikan perawatan terbaik bagi ibu hamil selama kehamilan dan juga setelah melahirkan.

Baca Juga :