Mengunyah Hanya pada Satu Sisi Rahang: Penyebab, Akibat, dan Cara Mengatasi

Des 24, 2023 | Blog

Mengunyah Hanya Pada Satu Sisi Rahang

Tanpa disadari, kadang kita hanya menggunakan satu sisi rahang untuk mengunyah. Padahal bukan tidak ada akibatnya lho.. Dalam artikel kali ini, Grand8 Dental Care akan mengulas mengenai penyebab, akibat dan cara mengatasi mengunyah hanya pada satu sisi rahang.

Baca Juga : Tidur Cukup Adalah Kunci Keberhasilan

Penyebab Orang Mengunyah Pada Satu Sisi Rahang

Ketika kita mengunyah makanan, sering kali kita tidak menyadari kita sedang mengunyah menggunakan rahang sebelah kanan atau kiri. Proses mengunyah mau di sisi sebelah mana biasanya ditentukan oleh kebiasaan. Seperti yang didapat dari sebuah studi yang diterbitkan tahun 2011 di Journal of Oral Rehabilitation yang menunjukkan bahwa faktor terbesar penentu orang mengunyah di sisi rahang sebelah mana adalah rasa sakit dan kenyamanan.

Nah, jika pasien ditanya, mayoritas penyebab mereka mengunyah di satu sisi adalah karena sisi yang satunya ada gigi berlubang, gigi yang patah, gigi yang hilang, sehingga mengunyah di sisi tersebut menjadi tidak nyaman. Dan karena gigi-gigi yang bermasalah ini didiamkan saja, maka mengunyah di satu sisi yang tidak bermasalah menjadi kebiasaan.

Akibat yang Dapat Terjadi Akibat Mengunyah Pada Satu Sisi Rahang

Ketidakseimbangan pengunyahan ini sudah pasti menimbulkan akibat. Sebelum kita membahas apa saja akibatnya, sebaiknya Sahabat Grand8 mengetahui dulu bagaimana proses pengunyahan makanan di dalam mulut.

Proses mengunyah makanan bisa dibilang proses yang kompleks yang melibatkan semua organ di mulut. Mulai dari semua komponen gigi, otot-otot pengunyahan, sendi rahang, lidah, kelenjar ludah, persarafan dan juga pembuluh darah. Semua organ tersebut bekerja sinergis dan saling membantu.

Nah, jika terjadi ketidakseimbangan penggunaan organ-organ tersebut, tentunya ada konsekuensinya kan?

Gigi di sisi yang tidak dipakai untuk mengunyah akan diselimuti oleh karang gigi dan bisa jadi berlubang. Jika sudah tebal karang gigi disitu, maka dapat terjadi gingivitis (radang pada jaringan gusi yang menyebabkan gusi membengkak dan berdarah).

Penyebab karang gigi menjadi menumpuk di sisi yang tidak dipakai mengunyah itu disebabkan adanya penurunan produksi saliva (air liur) oleh kelenjar liur akibat kurang aktifnya kelenjar liur di sisi tersebut.

Penurunan produksi saliva ini juga yang menyebabkan kemampuan self-cleansing menurun, sehingga gigi pun jadi mudah berlubang.

Sendi rahang (TMJ) pun bisa terkena masalah. Untuk TMJ di sisi rahang yang tidak digunakan mengunyah akan mengalami tekanan yang lebih besar. Tekanan yang besar ini pun akan berdampak pada terkikisnya sendi rahang sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada sendi rahang dan bisa berakhir pada disfungsi sendi.

Tidak hanya TMJ yang terimbas dampaknya, otot-otot pengunyahan juga menjadi lebih lemah di sisi yang tidak dipakai mengunyah. Ini disebabkan kurangnya pergerakan otot pengunyahan di sisi tersebut. Dampak terburuknya adalah terjadi perubahan bentuk wajah akibat otot pengunyahan yang melemah dan mengkerut.

Baca Juga : Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasinya

Pertama kali yang harus dibereskan adalah masalah gigi yang ada di sisi yang tidak dipakai. Jika ada lubang, lubang tersebut ditambal dulu. Jika ada gigi yang hilang, maka dibuatkan gigi tiruan dulu. Karang gigi yang menyelimuti gigi-gigi di sisi yang tidak dipakai jelas harus dibersihkan dulu. Semua masalah yang ada sebisa mungkin diperbaiki sehingga terasa kembali nyaman untuk digunakan.

Setelah semua masalah gigi dibereskan, Langkah selanjutnya adalah mengubah kebiasaan dari mengunyah di satu sisi rahang menjadi di dua sisi rahang. Untuk mengubah kebiasaan tentu tidak mudah. Namun kebiasaan mengunyah di satu sisi rahang yang dapat menimbulkan banyak masalah harusnya bisa menjadi semangat untuk mengusahakan dengan sadar untuk mengunyah di kedua sisi rahang.

Setelah mengetahui semua efek yang terjadi akibat mengunyah di satu sisi rahang, sebaiknya kita mulai memperhatikan apakah pengunyahan kita sudah seimbang di kedua sisi atau belum? Jika belum, mulai perhatikan apa penyebab kita mengunyah di satu sisi? Jika sudah mendapati apa masalahnya, maka waktunya mengunjungi dokter gigi untuk membereskan masalah-masalah gigi yang ada.

Untuk pemeriksaan gigi yang menyeluruh, Sahabat Grand8 bisa datang ke Grand8 Dental Care Bekasi yaa.. Di klinik kami terdapat banyak dokter gigi spesialis yang siap membantu Sahabat semua dalam mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut. Silakan hubungi admin kami via whatsapp di 0819-0870-3537. Salam sehat selalu, Sahabat Grand8.

Baca Juga : Perawatan Saluran Akar: Solusi Terbaik untuk Kesehatan Gigi Anda