Perawatan Saluran Akar: Solusi Terbaik untuk Kesehatan Gigi Anda

Des 20, 2023 | Blog

“Kalau gigi berlubang, dicabut saja. Pasti langsung beres masalahnya..“ Mungkin Sahabat Grand8 sering mendengar saran tersebut dari teman-teman dan kerabat ketika kita dalam kondisi sakit gigi ya? Padahal saran ini belum tentu benar lho.. Pencabutan gigi adalah upaya terakhir ketika tidak ada lagi solusi untuk tetap mempertahankan gigi di dalam mulut. Pastinya sudah sering mendengar mengenai Perawatan Saluran Akar kan? Namun, untuk informasi lebih lanjut, mari kita telusuri penjelasan mengenai Perawatan Saluran Akar ini.

Baca Juga : Bahaya Stress terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut: Panduan Lengkap dari Grand 8 Dental Care

Alasan Mempertahankan Gigi di Dalam Mulut

Sebelum lebih jauh menelaah mengenai Perawatan Saluran Akar, ada baiknya kita memahami dulu, mengapa mempertahankan gigi di dalam mulut itu penting. Alasannya adalah sebagai berikut:

• Ada gigi jelas lebih enak untuk mengunyah dan bicara jika dibandingkan tidak ada gigi jika dilakukan pencabutan.
  • Gigi asli jelas lebih enak dipakai daripada gigi tiruan. Gigi tiruan adalah upaya selanjutnya yang dilakukan setelah pencabutan gigi untuk menggantikan posisi gigi yang telah dicabut.

Berdasarkan kedua alasan di atas, maka mempertahankan gigi agar tetap di dalam mulut menjadi upaya utama sebelum diputuskan untuk dilakukan pencabutan sebagai langkah terakhir.

Apa Saja yang Menjadi Indikasi Perawatan Saluran Akar?

Berikut adalah kondisi-kondisi yang menjadi indikasi Endodontik:

• Lubang gigi yang sudah dalam mencapai ruang pulpa.
  • Ada bagian gigi yang patah.
  • Terjadi injury pada gigi yang menyebabkan terbukanya ruang pulpa.
  • Tanpa sengaja terjadi kesalahan menembus ruang pulpa saat dilakukan prosedur pengeboran gigi untuk mengangkat karies.

Kondisi-kondisi tersebut di atas adalah kondisi dimana bakteri bisa masuk ke ruang pulpa dan menimbulkan infeksi berkelanjutan hingga ke ujung akar gigi dan menimbulkan abses yang akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Karenanya bagian pulpa yang terinfeksi harus diangkat agar infeksi terhenti dan tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada gigi dan jaringan penunjangnya.

Jika setelah diperhatikan terdapat kondisi yang seperti tertulis di atas, maka sebaiknya Sahabat Grand8 segera membuat janji temu dengan dokter gigi. Sehingga kondisi yang mungkin masih belum parah bisa segera teratasi.

Baca Juga : Peranan Orang Tua dalam Merawat Gigi Anak: Kunci Gigi Sehat yang Bahagia

Gejala yang Mungkin Muncul Saat Infeksi Terjadi di Saluran Akar

Penting bagi Sahabat Grand8 semua untuk mengetahui gejala yang mungkin dirasakan ketika terjadi infeksi pada pulpa yang menjadi indikasi dilakukannya perawatan saluran akar.

• Sakit gigi yang parah yang tidak mempan diberi obat penawar rasa sakit.
  • Terasa sakit gigi yang parah ketika menggigit atau mengunyah.
  • Terjadi bengkak dan gusi yang lunak.
  • Terdapat nanah di sekitar gigi yang terinfeksi.
  • Terasa sensitif terhadap panas dan dingin yang lama hilangnya.
  • Terjadi pembengkakan di wajah atau leher.
  • Warna gigi menjadi lebih gelap.
  • Bau nafas tidak sedap atau berbau agak busuk.

Jika terdapat tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, maka ini adalah waktunya Sahabat Grand8 menemui dokter gigi spesialis konservasi. Tidak bisa ditawar lagi, karena rasa sakit yang semakin parah pun pastinya akan semakin mengganggu.

Apa sih Perawatan Saluran Akar itu?

Perawatan Saluran Akar adalah prosedur perawatan gigi yang mengangkat bagian pulpa gigi (di bagian tengah gigi) yang mengalami infeksi. Tujuannya adalah agar infeksi tidak menjalar semakin ke dalam dan merusak gigi secara keseluruhan sehingga tidak bisa dipertahankan untuk tetap di dalam mulut. Perawatan Saluran Akar ini juga disebut sebagai perawatan Endodontik.

Pada perawatan ini, pulpa yang terinfeksi diangkat keluar dari gigi dan ruangan bekas pulpa terinfeksi tersebut dibersihkan dan disterilkan dari bakteri, kemudian diisi oleh bahan pengisi saluran akar sintetis lalu ditutup rapat. Sehingga tidak lagi menjadi tempat bersarangnya bakteri yang akan merusak jaringan gigi yang tersisa.

Kemudian bagian permukaan gigi yang berlubang ditutup oleh tambalan atau crown.