Permen Karet Xylitol: Menjaga Senyum Ceria Tanpa Risiko Gigi Berlubang

Jan 20, 2024 | Blog

Apakah Anda, menikmati mengunyah permen karet? Selain memberikan kelezatan, permen karet seringkali meninggalkan rasa manis setelah dikunyah, yang sayangnya dapat menyebabkan suasana mulut menjadi asam dan meningkatkan risiko gigi berlubang. Namun, permen karet yang mengandung xylitol memiliki peran berbeda. Mengunyahnya dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang.

Baca juga : Bahaya Stress terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut: Panduan Lengkap dari Grand 8 Dental Care

Mengenal Lebih Dekat Xylitol

Mungkin sebagian dari kita belum akrab dengan istilah xylitol. Xylitol merupakan karbohidrat alami yang diekstrak dari serat kayu, seperti pohon Birch, dan ditemukan pada beberapa buah-buahan dan sayuran seperti plum, strawberry, serta kembang kol. Rasanya manis seperti gula pasir, menjadikannya pilihan populer sebagai pengganti gula. Kelebihannya, xylitol memiliki kalori lebih rendah dibandingkan gula pasir, sambil memberikan sensasi dingin di mulut ketika dikonsumsi.

Manfaat Xylitol yang Luar Biasa

  1. Mencegah Gigi Berlubang: Xylitol terbukti efektif melawan bakteri penyebab gigi berlubang, seperti Streptococcus mutans dan Streptococcus sangui (Baca lebih lanjut: jurnal ilmiah). Selain itu, xylitol membantu meremineralisasi gigi, memperkuat struktur gigi dan melawan pertumbuhan plak.
  2. Pengganti Gula Aman untuk Penderita Diabetes: Studi menunjukkan bahwa xylitol memiliki pengaruh kecil terhadap kadar gula darah dan insulin, menjadikannya alternatif aman bagi penderita diabetes.
  3. Membantu Mengatur Berat Badan: Sebagai pemanis rendah kalori, xylitol membantu memuaskan keinginan akan rasa manis tanpa meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Mengapa Xylitol Mencegah Gigi Berlubang?

Ketika mengunyah permen karet mengandung xylitol, aktivitas mengunyah merangsang produksi saliva lebih banyak. Saliva ini memiliki efek self-cleansing pada gigi, membantu menghilangkan sisa makanan dan plak. Xylitol, dengan sifat antibakteri dan kemampuan meremineralisasi, menjadikan gigi lebih bersih dan terlindungi dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Baca juga : Peranan Orang Tua dalam Merawat Gigi Anak: Kunci Gigi Sehat yang Bahagia

Waktu Tepat untuk Mengunyah Permen Karet

Disarankan untuk mengunyah permen karet xylitol setelah makan berat atau camilan selama sekitar 20 menit atau sampai rasa manisnya hilang. Mengunyah pada saat ini membantu membersihkan sisa makanan dan plak yang terbentuk selama makan.

Meskipun mengunyah permen karet mengandung xylitol dapat membantu mencegah gigi berlubang, Sahabat Grand8 tetap disarankan untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan di dokter gigi.

Jangan lupa, Sahabat yang berada di daerah Bekasi dan Jakarta Timur bisa mengunjungi Grand8 Dental Care Bekasi di Grand Metropolitan Mall Bekasi untuk pelayanan kesehatan gigi yang terbaik. Segera buat janji dengan admin kami untuk senyum ceria tanpa khawatir!

Baca Juga :