Tidur Cukup Adalah Kunci Keberhasilan

Nov 27, 2023 | Blog

Banyak orang yang tidak tau tidur yang cukup adalah kunci keberhasilan. Dari berbagai penelitian, tidur yang Berkualitas adalah kunci keberhasilan lho. Yuk kita simak fakta-fakta pendukungnya.

Apa sih yang terjadi saat kita terlelap?

Saat kita terlelap, ternyata tubuh kita memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga memperkuat dirinya sendiri. Tubuh juga menghasilkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Itulah mengapa tidur menjadi hal yang penting bagi tubuh kita.

Waktu Istirahat yang direkomendasikan

Di setiap rentang usia yang berbeda, ada rentang waktu istirahat yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation:

Bayi baru lahir (0-3 bulan) : 12 – 15 jam per hari

Bayi (4-11 bulan) : 12 – 15 jam per hari

Balita (1-5 tahun) : 10 – 14 jam per hari

Anak (6-13 tahun) : 9 – 11 jam per hari

Remaja (14-20 tahun) : 7 – 9 jam per hari

Dewasa (20-59 tahun) : 7 – 9 jam per hari

Lansia (60 tahun ke atas) : 7 – 8 jam per hari

 

Baca Juga : Seputar Penyakit Periodontal 

 

Manfaat Tidur Yang Berkualitas

Faktanya adalah tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut adalah manfaat cukup istirahat bagi kesehatan kita:

Mengendalikan nafsu makan

Isitarahat yang berkualitas menjaga hormon ghrelin dan leptin tetap seimbang. Jika kita kurang tidur, maka hormon ghrelin akan naik dan hormon leptin akan menurun. Akibatnya rasa lapar akan mendera dan berat badan pun bisa lebih cepat meningkat.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Saat tidur, tubuh mengeluarkan senyawa Sitokin yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan peradangan dan infeksi. Jika kita kurang mengistirahatkan tubuh, maka jumlah Sitokin yang dihasilkan tidak cukup untuk menghalangi tubuh dari penyakit.

Mempertajam ingatan

Dari salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak memproses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan dari sepanjang hari. Jika tidak mengistirahatkan tubuh, maka ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar di dalam otak dan bahkan bisa hilang.

Membantu pertumbuhan badan

Pada anak-anak dan remaja, cukup tidur itu penting karena bobo yang nyenyak membuat tubuh melelpaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal mereka. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, juga meningkatkan massa otot baik pada anak-anak dan remaja, juga pada orang dewasa. Cukup istirahat juga mempengaruhi pubertas dan juga kesuburan.

Terhindar dari berbagai penyakit

Ketika tidur kita cukup, maka bisa memengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin (hormon yang mengontrol tingkat gula darah). Itulah sebabnya kurang istirahat dapat membuat kadar gula darah lebih tinggi sehingga lebih mudah terserang diabetes. Tidak hanya diabetes, tapi juga bisa meningkatkan resiko penyakit ginjal, jantung, stroke, hipertensi, detak jantung yang tidak teratur hingga kenaikan hormon stress.

Memperbaiki Mood

Kurang tidur dapat membuat kalian menjadi lebih mudah marah, tidak sabaran, murung, sulit berkonsentrasi, stress dan bahkan depresi. Sebaliknya jika cukup istirahat maka tubuh akan merespon peristiwa lebih positif, mood pun akan menjadi lebih baik. Jika mood baik, maka semua pekerjaan akan selesai dengan lebih menyenangkan.

Lebih panjang umur

Umur memang sudah diatur oleh Sang Pencipta, namun terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kurang dari 6 jam istirahatnya akan cenderung beresiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen. Hal ini mungkin dikaitkan dengan lebih rentannnya tubuh dalam menghadapi penyakit.

Meningkatkan kualitas hubungan sosial

Ketika kita dalam kondisi lelah kurang tidur, kita menjadi letih dan lebih sulit mengontrol emosi kita, kemudian juga membuat kita lebih menarik diri dari kegiatan-kegiatan sosial. Ini jelas memengaruhi hubungan sosial kita. Sebaliknya ketika kita cukup istirahat, maka kita akan lebih bersemangat dalam melakukan banyak interaksi sosial, yang akan meningkatkan rasa bahagia karena kita tidak merasa sendirian.

Mengurangi resiko kecelakaan kerja dan lalu lintas

Tidur yang cukup membuat kita lebih selamat dalam berkendara dan bekerja. Karena istirahat yang berkualitas akan meningkatkan fokus kita dan kondisi tubuh yang lebih fit. Ini jelas menurunkan resiko kecelakaan kerja dan juga kecelakaan lalu lintas.

Mengurangi resiko kesalahan dalam bekerja

Selain mengurangi resiko kecelakaan kerja, tidur yang cukup juga pastinya menurunkan resiko dalam melakukan kesalahan dalam bekerja. Fokus dan tubuh yang fit jelas membuat kita lebih bisa berpikir jernih dan meminimalisir kita dalam melakukan kesalahan dalam bekerja.

Meningkatkan kreativitas

Ide-ide kreatif dan cerdas hanya bisa datang saat otak kita dalam kondisi segar dan terbebas dari rasa mengantuk dan lelah. Ini hanya dapat kita lakukan ketika kita dalam kondisi cukup istirahat. Salah satu studi dari Harvard University menemukan bahwa tidur menjadi acuan kemampuan seseorang untuk lebih kreatif.

 

Baca Juga : Self Love: Kunci untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan

 

Tokoh-tokoh Sukses Dunia Juga Tidur yang Cukup

Nah, kalau kalian masih meyakini bahwa orang sukses hanya membutuhkan waktu tidur yang sedikit karena harus bekerja sepanjang waktu, maka kalian harus mencoba mempelajari waktu tidur orang-orang yang sukses.

Jeff Bezos

CEO Amazon ini tidur 8 jam setiap malam dan ini membantunya dalam mengambil keputusan sulit. Istirahat yang cukup membuat otaknya jadi lebih cemerlang dan berpikir lebih jernih.

Bill Gates

Pendiri Microsoft ini terbiasa tidur siang yang dipercayanya dapat meningkatkan kreativitas dan kesehatan jantung.

Elon Musk

CEO Tesla ini mengakui ketika dia kurang tidur akan membuatnya lebih mudah marah. Sementara baginya Istirahat yang nyenyak membuatnya dapat berpikir lebih tajam dan membangun mood yang lebih baik.

Mark Zuckerberg

Raja media sosial ini selalu mengutamakan waktu tidur selama 7-8 jam setiap malam. Ia membuktikan bahwa orang sukses pun memiliki pola Istirahat yang dianjurkan oleh para ahli.

 

Bagaimana Tidur yang Berkualitas berkaitan dengan keberhasilan?

Berdasarkan banyak penelitian yang telah dilakukan, semua menunjukkan bahwa istirahat yang berkualitas adalah upaya terbaik untuk mengistirahatkan tubuh, meregenarasi sel-sel yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kerja otak.

Maka jelas, dengan tidur yang berkualitas, kinerja otak pun meningkat. Ide-ide kreatif akan lebih mudah bermunculan. Pengambilan keputusan menjadi lebih tepat disertai dengan suasana hati yang baik. Kesalahan dalam bekerja pun bisa diminimalisir. Kondisi badan yang fit juga menjauhkan kita dari berbagai penyakit yang melemahkan tubuh kita.  Semua ini menunjang keberhasilan kita di dunia pekerjaan.

Untuk itu, jangan sepelekan tidur cepat ya Sahabat Grand8. Rupanya hal tersebut memberi banyak sekali kontribusi terbaik bagi diri kita.

Baca Juga :